Tuesday, July 12, 2005

Corporate Shaman

Shaman dalah kata dari orang-orang Tungis di Siberia yang berarti "Orang yang melihat dalam kegelapan"
dikenal pula dengan sebutan witch doctor, sorcerer, medicine man dn kahuna kapua. Shaman adalah para penyembuh yang selama 40.000 tahun telah mempraktekan kemampuan mereka untuk menolong. Dengan melakukan apa yang disebut shamanistic journey seorang shaman dapat memasuki dengan bebas ke tingkat kesadarean lain dan mengadakan perjalanan ke dunia-dunia lain untuk mencari kebijaksanaan, kekuatan untuk memberikan perubahan positif bagi manusia dan lingkungannya.

PRIMETEC adalah sebuah perusahaan kelas menengah yang sedang mengalami krisis. Sebuah krisis yang biasa dialami oleh perusahaan yang beranjak besar. Sebuah kekacauan yang jika tidak diatasi segera maka kejatuhan perusahaan adalah hal yang pasti.

Alih-alih memberikan bimbingan dan kepemimpinan untuk keluar dari krisis tersebut, Leon King yang bertindak sebagai CEO
perusahaan malah menjadi salah satu masalah krisis tersebut. King menimpakan kesalahan hampir ke seluruh orang. Mmebuat setiap orang merasa tidak aman dan bekerja dalam tekanan. Kesalahan fatal yang dilakukan seorang pemimpin.

Seorang "konsultan perusahaan", Jason Hand, berusaha menyembuhkan perusahaan tersebut dengan cara-cara shamannya. Melalui bimbingannya kepala operasi PRIMETEC Mark Steed menyadari kesalahannya. Seharusnya produk-produk yang dihasilkan harus melibatkan customer lebih banyak. Dengan bimbingan Hand pula Steed memunculkan "the pack". Dengan maskot serigala. Maskot Serigala tersebut memberikan energi baru kepada tiap-tiap bawahan Steed. Mereka bersama Steed membentuk semacam 'cult' dimana setiap orang mencurahkan sepenuh kemampuan kepada keberhasilan "the pack".

Setelah berhasil pada Steed, Hand berusaha merengkuh King, Hand berhasil memunculkan sisi "penyembuh" sang CEO karena yang dibutuhkan PRIMETEC saat ini bukanlah seorang diktator namun seorang pemimpin, seorang raja yang sekaligus seorang penyembuh. Seorang pemimpin yang maju ke garis depan untuk membantu prajuritnya di medan tempur.


------

The Corporate Shaman adalah sebuah cerita yang menggambarkan apa yan harus dipunyai perusahaan agar sukses mengatasi gejolak pasar dan apa yan dibutuhkan setiap manusia yang berada dalam perusahaan tersebut. Buku ini menggambarkan secara implisit perlunya kultur perusahaan (digambarkan oleh "the pack"), pentingnya customer orientation dan bagaimana para pemimpin perusahaan seharusnya bersikap. Tidak ada hal yang baru dari teori perusahaan yang ditawarkan pada buku ini kecuali berusaha mengingatkan (Karena banyak perusahaan yang beranjak besar lupa "kesenangan korporat" yang mengakibatkan mereka berhenti berkembang).

Dari segi cerita, buku ini memberikan hiburan tersendiri karena dihiasi oleh cerita-cerita mengenai shaman dan perjalanan mereka beserta metode-metode yang digunakan.

No comments: