Monday, July 25, 2005

Empat Langkah Menulis Resensi Buku

Apa yang dimaksud ulasan buku?
Ulasan buku atau biasa disebut resensi adalah deskripsi dan evaluasi terhadap sebuah buku yang telah Anda baca. Ulasan buku begitu bermanfaat karena menginformasikan kepada pembaca berikutnya mengenai buku yang mungkin mereka tertarik untuk membacanya. Seringkali sebuah resensi akan mempengaruhi pembaca lain lewat sedikit cerita tentang apa isi buku tersebut, mengenai apakah buku itu layak dibaca atau tidak.

Hal terpenting untuk diingat ialah resensi buku JANGAN memaparkan akhir dari buku! Umumnya pembaca tak akan mau meluangkan waktu untuk membacanya jika mereka sudah mengetahui akhirnya.

Empat Langkah Menulis Resensi Buku (khususnya fiksi)

1. Tulislah sekitar 3-4 kalimat mengenai plot buku tersebut
Buku tersebut berkisah perihal apa?
Siapa tokoh-tokoh utamanya?
Apa yang dilakukan karakter utama dalam cerita itu?
Apakah karakter utama menghadapi persoalan?
Apakah karakter utama melakukan petualangan?
Siapa karakter favorit Anda?
Mengapa Anda menyukainya?

2. Pengalaman pribadi Anda
Bisakah Anda menghubungkan diri Anda dengan salah satu karakter dalam cerita itu?
Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang serupa dengan yang dilakukan karakter tadi?

3. Pendapat Anda
Apakah anda menyukai buku tersebut?
Bagian mana dari buku itu yang Anda sukai?
Bagian mana yang paling tidak Anda sukai?
Bila Anda bisa mengubah sesuatu dalam buku itu, apa yang Anda lakukan?
(Jika anda dapat mengubah akhir ceritanya, ingat jangan beritahu pembaca!)

4. Rekomendasi Anda
Apakah Anda merekomendasikan buku itu kepada orang lain? Pribadi seperti apa yang akan menyukai buku itu?

Ingat pula: resensi itu bukanlah sinopsis. Menulis sinopsis dalam tubuh tulisan resensi boleh saja, tapi tulislah secara padat. Sinopsis hanya menyuguhkan plot dan semacam ringkasan. Sedangkan menulis resensi mesti memasukkan analisis dan rekomendasi, juga memasukkan rasa atau keterlibatan pribadi Anda ketika membaca buku.

Prosentase terbesar kriteria penilaian sebuah resensi buku ada pada ketajaman analisis. Di sini, Anda harus bisa mengaitkan masalah lain yang ada dengan masalah yang diangkat buku itu. Dari sini, gagasan Anda dan isi buku mengenai masalah yang sama, bisa bertemu. Tentu saja Anda bisa mengungkapkan ketidaksetujuan atas gagasan penulis buku yang bersangkutan. Pada saat yang sama, Anda juga harus menawarkan argumen untuk mendukung pendapat Anda. Penguasaan pengetahuan lain sebagai bahan pembanding isi buku akan semakin menambah bobot resensi buku Anda.

Hal lain yang penting adalah gunakan bahasa yang terstruktur, lugas, dan jelas sehingga memudahkan pembaca memahami maksud tulisan. Melalui bahasa semacam itu, Anda bisa menulis ulang isi atau materi yang terkandung dalam buku, kemudian mengkritisi isinya jika ada yang dinilai kurang tepat. Hindari penggunaan kalimat yang panjang dan bertele-tele. Kalimat panjang bisa mengaburkan pesan yang akan disampaikan. Jangan lupa, pilih kata-kata yang tepat untuk merangkai tulisan resensi.

--Redaksi Ruang Baca Koran Tempo

1 comment:

Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. » »